Hidup Bersama Alang Alang

HAMPIR tidak ada ciptaan Allah yang tidak bermanfaat, termasuk keberadaan Alang-alang atau kerap disebut ilalang. Meski sering dianggap musuh bagi para petani dan pengelola hutan, alang-alang juga masih memberikan manfaat yang tak kalah pentingnya. Selain digunakan sebagai atap rumah dan mulsa bagi tanaman, alang-alang juga memiliki khasiat sebagai tumbuhan obat.

Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.

Ok la kalau begitu, kita langsung aja ke ( TKP...) - Uros.

Penduduk Uros ' tidak lepas dari tanaman Alang-alang, kehidupan mereka berputar di sekitar alang-alang. Mereka membuat  rumah buluh, perahu buluh, teh bunga alang-alang, dan buluh digunakan sebagai obat.






The Uros telah tinggal di pulau-pulau mengambang terkendali sejak tahun 1500-an ketika mereka dipaksa untuk tinggal di Danau Titicaca setelah Inca diperluas ke wilayah mereka.Sementara banyak dari pulau-pulau yang ditambatkan ke lakebed, mereka dapat pindah jika perlu.Salah satu keuntungan utama untuk tinggal di sebuah pulau apung adalah bahwa ketika musuh datang terlalu dekat, Anda hanya bisa mengapung dengan cara lain.




Tapi yang paling menakjubkan, penduduk Uros membangun seluruh pulau-pulau tersebut dari alang-alang .Ini adalah kenyataan bahwa pulau-pulau itu hidup yang membuat mereka bekerja.Struktur akar buluh padat massa  tinggal menjaga bersama seluruh pulau yang mengambang di danau. Bahkan pulau-pulau kecil untuk kakus telah diciptakan, di mana akar hidup membantu menyerap limbah.



Seperti buluh hancur dari dasar pulau-pulau, yang 4-8 meter tebal, warga harus menambahkan lebih ke permukaan.Seluruh pulau bergerak sedikit dengan air, mirip dengan perasaan ketika berbaring dikasur air. Mereka sudah cukup terbiasa dengan hal itu, sama halnya dengan kucing, unggas dan hewan lain yang hidup di pulau-pulau  mengambang ini.



Inilah gambar pemandangan Kampung Uros dilihat dari atas, Danau yang dilayari ratusan Uros di pulau yang mengambang.
 (atau keturunan dari Uros, tergantung pada bagaimana Anda mendefinisikan mereka)  Hidup mereka dari memancing dan menjual kerajinan tangan buluh mereka untuk wisatawan.




Read about Uros ->

8 komentar:

  1. ternyata alang-alang banyak manfaatnya ya sobat

    BalasHapus
  2. keren n' luar biasa kehidupan mereka. dengan memanfaatkan alang-alang, mereka pun bisa hidup dengan tenang dan bahagia dalam rumpun masyarakat yang unik

    BalasHapus
  3. ternyata semua ciptaan Alloh SWT ada manfaatnya yaa??? nice posting mas kriezzz

    BalasHapus
  4. Oyy..Tks - Ambae.ex, Bonthain juga Om oni.... dan Hamzah Ian.. yang dah datang ke sini.

    BalasHapus
  5. I had been arguing with my close friend on this issue for quite a while, base on your ideas prove that I am right, let me show him your webpage then I am sure it must make him buy me a drink, lol, thanks.

    - Kris

    BalasHapus
  6. @ > Anonim :" Ha...ha...ha..
    I understand your intention ... please you are doing, hopefully your friend to buy a drink ......

    BalasHapus

Jelajahi lebih dalam.!

Senyum | Unik | Mystery | Peristiwa | Spektakuler | Fenomena | Artikel | Alam