MagaZimple Theme

Pulau Socotra




Pulau ter aneh di Dunia
Seperti dalam khayal...







Pulau ini unik aneh dan nyata seperti ada di dunia asing . "normal" untuk sebuah lansekap di Bumi.Bayangkan seandainya kita terbangun dari tidur dan melihat sekeliling kita ada tumbuhan unik dan  pegunungan yang belum pernah dilihat sama sekali.... Atau misalnya teman Anda mengajak pergike Pulau   itu dalam kondisi tidak mabuk atau penyalahgunaan zat-zat apapun. Anda akan terkejut,dan cenderung berpikir bahwa Anda diangkut ke planet lain - atau pergi ke era lain sejarah bumi...ck..ck...ck.. 


Selanjutnya, menjadi penelitian tentang keberadaan pulau ini, yang merupakan satu rumpun dari 4 pulau,  secara geografis terisolasi dari daratan Afrika sejak 6 atau 7 juta tahun yang lalu. Seperti Kepulauan Galapagos, pulau ini sangat penuh dengan 700 spesies langka flora dan fauna,selebihnya 1 / 3 dari yang endemik. ( Endemik dalam biologi dan ekologi berarti secara ekslusif merupakan spesies asli dari suatu tempat yang berupa wilayah geografis tertentu seperti pulau, kepulauan atau negara. Pulau atau kepulauan mudah mengembangkan spesies  endemik  dikarenakan isolasi geografisnya ).Iklim yang keras, panas dan kering, namun - yang paling menakjubkan adalah kehidupan tanaman di pulau Socotra tumbuh subur .Terletak di Samudera Hindia kurang lebih 250 km dari Somalia dan 340 km dari Yaman, pantai berpasir
yang luas naik ke dataran tinggi batu kapur gua yang penuh (sekitar 7 kilometer panjang) dan
pegunungan setinggi 1.525 meter. 

 



 Pohon-pohon dan tanaman dari pulau ini terpelihara secara alami melalui isolasi geologis yangpanjang,  beberapa varietas di prediksi sudah berumur 20 juta tahun ...
 Poto dibawah ini adalah Dracena cinnibaris atau Dragon's Blood Pohon, sumber berharga untuk pernis resin  pewarna, dan "menyembuhkan-semua" obat-obatan; juga (diduga) digunakan dalam ritual abad pertengahan  sihir dan alkimia.



  Ada juga the Desert Rose (adenium obesium) yang terlihat seperti tidak lebih sebagai kaki gajah bermekaran 

Dorstenia gigas - tampaknya tidak memerlukan tanah, dan akar tenggelam langsung ke batu telanjang:

Ini juga memiliki kepribadian yang berbeda dan suka tersenyum untuk kamera:

Ini agak mirip dengan Dorstenia aneh gigas,"Bucha" sayur,ditemukan sejauh utara Kroasia.seperti perut hamil.

Nama pulau socotra atau Suqutra dalam bahasa Arab, berasal dari bahasa Sangsekerta yang berarti "pulau Kebahagiaan". Adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Hindia. Pulau yang termasuk ke Provinsi Hadramaut, Republik Yaman. sekitar 380 km ke arah selatan Jajirah Arab. 


Pulau ini merupakan surga birder juga, dengan 140 spesies burung yang berbeda; 10 dari yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Socrota unik warbler, Sunbird, Jalak, bunting, burung gereja dan Cisticola adalah di antara yang ditemukan di sini. Ada juga Socrota Cormorants.



 Sayangnya segala keindahan, keunikan dan mystery Socotra tak bisa dinikmati oleh sembarang orang dengan statusnya pulau paling aneh dan terancam dari kepunahan.  UNESCO pun menetapkan Socotra  sebagai salah satu  pulau yang dilindungi dan tidak boleh dijadikan tujuan wisata. Infrastukturpun sangat terbatas dan salah satunya jalan yang ada disana baru dibangun sekitar dua tahun lalu. itupun konon setelah melalui tarik ulur antara UNESCO dan Pemerintah Yaman.
Begitu juga dengan  Hotel , sengaja di tiadakan. Tujuannya  jelas agar tak seorangpun Turis datang atau betah tinggal di Socotra. Jadi nampaknya Socotra  bukan untuk dinikmati. Tetapi sebuah warisan alam yang harus di lestarikan..  

foto terkait



sumber-darkroasstedblend.com






Jelajahi lebih dalam.!

Senyum | Unik | Mystery | Peristiwa | Spektakuler | Fenomena | Artikel | Alam